Acara Pembukaan Pendampingan Pembuatan Hydrotiller
Keterangan Gambar : Foto Bersama dengan Kepala Dinas Perindustrian Prov. Kalsel, H. Bapak H. Mahyuni, S.Pd, MT

Acara Pembukaan Pendampingan Pembuatan Hydrotiller

Senin, 22 Maret 2021 telah dilaksanakan pembukaan acara pendampingan pembuatan hydrotiller di Bengkel Jaya Lestari Teknik Desa Durian Bungkuk, Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.

Hydrotiller atau traktor apung adalah mesin pertanian yang yg berfungsi untuk mengolah lahan (sawah) dengan karakteristik kedalaman air di atas 50 cm. Alat ini sangat cocok diaplikasikan di lahan pertanian Kalsel yg umumnya merupakan daerah rawa atau gambut. Untuk memenuhi kebutuhan sektor pertanian terhadap alat tersebut, hydrotiller lebih banyak diimpor.Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pada saat ini IKM logam  dan mesin lokal sudah banyak yang mampu memproduksi hydrotiller tersebut. Namun di daerah Kalimantan Selatan masih belum ada IKM Logam dan Mesin yang menekuni pembuatannya.

Pendampingan Pembuatan Hydrotiller ini adalah hasil kerja sama Dinas Perindustrian Prov. Kalsel dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kab. Tanah Laut yang berlangsung dari tanggal 22 Maret 2021 hingga 4 April 2021 mendatang. 

"Kami berharap pada saat demonstrasi hasil pelatihan dapat dihadiri oleh Bapak Bupati Tanah Laut" ucap Bapak H. Mahyuni, S.Pd, MT selaku Kepala Dinas Perindustrian Prov. Kalsel dan Bapak Ir. H. Kris Wibowo selaku Pejabat Pelaksana Kegiatan pada sambutannya. 

"Jadi kedepannya diharapkan Pemerintah Daerah melalui kebijakannya dapat membantu mensuport pemasaran dan penggunaan mesin hydrotiller ini untuk kebutuhan petani" lanjut Pak Kris Wibowo menyampaikan harapannya.

Pak Kris juga menambahkan bahwa memang untuk Pelatihan Pembuatan Hydrotriller ini sudah sering dilakukan, namun belum ada bengkel yang berkomitmen ingin melanjutkan produksinya,sehingga peran serta Pemerintah Daerah dalam upaya mendukung pemasaran dan penggunaannya sangat dibutuhkan.

Bapak Sekertaris Desa Durian Bungkuk, Bapak Fathurrozi yang juga berhadir menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Perindustrian Prov. Kalsel yang telah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut karena jarang sekali desa dijadikan lokus kegiatan pelatihan industri langsung dari Pemerintah Provinsi. 

Pada sambutannya, Bu Nurmaya Savitri, ST,MS selaku Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut juga menghaturkan terima kasih kepada Dinas Perindustrian Prov. Kalsel karena telah memberi kesempatan kepada bengkel di daerah Kab. Tanah Laut untuk mendapatkan pendampingan langsung pembuatan hydrotiller oleh Balai Besar Pelatihan Kayu dan Logam Dinas Perindustrian Prov. Kalsel. 

Beliau juga menyampaikan pesan dari Bapak Masturi,S.STP selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala bahwa potensi IKM Perbengkelan (rumpun LMATE) di Tanah Laut cukup banyak, karena kelembagaannya berada dalam naungan Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) yang juga langsung dibina oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Laut.

Sehingga harapannya, kegiatan seperti ini dapat ditambahkan volume peserta dan paket pelatihannya untuk IKM yang ada di Tanah Laut.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perindustrian Prov. Kalsel juga menuturkan  bahwa akan ada 2 (dua) orang instruktur yang akan tinggal dan membantu mengarahkan pembuatan mesin hydrotiller. 

Beliau juga berpesan kepada peserta yang mengikuti pendampingan pembuatan hydrotiller agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti acara yg berlangsung hingga 4 April 2021 kedepan.

Batu Ampar Pelaihari Tanah Laut Pemuda Produktif

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya

Link Terkait