KEGIATAN PENDAMPINGAN AUDIT HALAL
Keterangan Gambar : IKM Uyah Pencok Oyok Desa Kait Kait Kecamatan Bati Bati

KEGIATAN PENDAMPINGAN AUDIT HALAL

Sistem Jaminan Halal adalah Tata cara yang disusun dan diterapkan untuk mengatur bahan, proses produksi, produk, fasilitas dan SDM di perusahaan  agar terjaga kehalalan produk yang dihasilkan sesuai syariah;

Manfaat Penerapan SJH

1.       Menjamin kehalalan produk selama berlakunya Sertifikat Halal

2.       Timbul kesadaran internal dan perusahaan memiliki pedoman kesinambungan  proses produksi halal.

3.       Memberikan Jaminan dan ketentraman bagi masyarakat.

4.       Mencegah kasus ketidakhalalan produk bersertifikat halal.

Kegiatan audit dilakukan pada Tanggal 14 September Tahun 2020. Audit dilakukan oleh Tim MUI Propinsi Kalimantan Selatan. IKM pertama yang di audit adalah IKM Uyah Oyok yang berlokasi di Desa Kait Kait Kecamatan Bati Bati. Hasil audit menyarankan IKM untuk mengikuti Pelatihan sistem jaminan Halal yang diselenggarakan oleh MUI.

IKM kedua yang di audit adalah IKM Kerupuk Bakar Sidodadi yang berlokasi di Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari. Tim Auditor menekankan untuk peningkatan SDM karyawan agar kegiatan produksi tidak mengandalkan one man army. Hasil audit mewajibkan IKM Sidodadi untuk mengikuti Pelatihan sistem jaminan Halal yang diselenggarakan oleh MUI.

IKM Ketiga yang di audit adalah IKM Byhaf yang berlokasi di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin. IKM Byhaf akan menambahkan satu produk untuk diikutkan sertifikasi halal dengan biaya mandiri. Hasil audit menyarankan IKM untuk mengikuti Pelatihan sistem jaminan Halal yang diselenggarakan oleh MUI. MUI akan mengeluarkan rekomendasi sementara yang berlaku selama 2 tahun sebelum BPJPH mengeluarkan sertifikat resmi yang berlaku selama 4 tahun;

IKM keempat yang di audit adalah IKM Yamni Honey yang berlokasi di Desa Kait Kait Kecamatan Bati Bati. Produk madu lebih mudah dalam audit karena tidak melakukan penambahan bahan lain pada prosesnya. Madu malah mengalami penurunan kadar air agar tidak meledak karena tingkat keasaman yang tinggi. Hasil audit menyarankan IKM untuk mengikuti Pelatihan sistem jaminan Halal yang diselenggarakan oleh MUI.

IKM kelima yang di audit adalah IKM Telaga Madu yang berlokasi di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari. Proses audit tidak jauh berbeda dengan audit IKM keempat. Hasil audit menyarankan IKM untuk mengikuti Pelatihan sistem jaminan Halal yang diselenggarakan oleh MUI.

Bati-Bati Pemerintahan Tanah Laut

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya

Link Terkait