PENDAMPINGAN PENDAFTARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL UNTUK UKM/IKM DI KABUPATEN TANAH LAUT
Keterangan Gambar : Perwakilan YPS (Yayasan Pecinta Sasirangan)

PENDAMPINGAN PENDAFTARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL UNTUK UKM/IKM DI KABUPATEN TANAH LAUT

Kegiatan pendampingan pendaftaran HKI dilakukan oleh Kemenkumham Propinsi Kalimantan Selatan. Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut memberikan fasilitasi pendampingan ini.

Acara dibuka oleh Bupati Tanah Laut. Beliau berharap akan dibentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Kementrian Hukum dan HAM dalam hal perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan Kekayaan intelektual dari Kabupaten Tanah Laut bisa terdaftar dan dilindungi secara hukum. Acara ini juga dihadiri YPS (Yayasan Pecinta Sasirangan).

Pada kegiatan ini, target UKM/IKM yang difasilitasi berjumlah 30 IKM yang terdiri dari IKM pangan, IKM kerajinan dan IKM fashion serta beberapa UKM. Pendampingan kali ini menitik beratkan pada pendaftaran merek karena merek merupakan salah satu aset yang perlu dilindungi secara hukum. Setelah acara dibuka oleh Bupati Tanah Laut, peserta pendampingan bergiliran ke dalam ruang pendampingan yang terletak di lantai 2. Pendampingan dibagi ke dalam 3 klaster, masing - masing 10 orang.

Rumah Tahanan Pelaihari menjadi salah satu peserta karena di dalam lembaga tersebut ada kelompok yang menghasilkan kerajinan Kayu seperti model kapal dan miniatur Rumah Banjar.

Terdapat Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) dari Desa Benua Tengah dan perwakilan dari Politeknik Tanah Laut yang datang sebagai peserta pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual.

Pendafaran secara umum akan memerlukan biaya Rp. 1.800.000,- namun IKM binaan Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000,- dengan didukung Surat Keterangan dari Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian.

Pelaihari Pemerintahan Tanah Laut

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya

Link Terkait