Sejarah Singkat Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut mengalami perubahan dalam susunan oragnisasi dan lokasi kantornya. Sekitar tahun 1999, lokasi kantor terletak di samping Kantor Bupati (yang sekarang menjadi Gedung Satuan Polisi Pamong Praja Tanah Laut) dengan nama Departemen Tenaga Kerja.

Pada Tahun 2003 terdapat perubahan susunan organisasi dengan nama instansi Dinas Tenaga Kerja, bertempat di Hutan Kota (Sekarang Taman Orchid) dulu menumpang dengan Dinas Kehutanan dikarenakan belum memliki kantor tersendiri. Kemudian pada tahun 2006 dibangunnya Kantor di area perkantoran, dengan nama instansi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi.

Pada tahun 2008 terdapat perubahan susunan organisasi dengan terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Laut Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Laut, instansi ini bernama Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial.

Pada Tahun 2017 terdapat perubahan susunan organisasi dengan terbitnya Peraturan Bupat Tanah Laut Nomor 72 Tahun 2016. Mengingat Perindustrian merupakan bagian dari instrumen tenaga kerja dan sebaliknya juga perindustrian juga merupakan instrumen untuk tenaga kerja, maka perindustrian diintegrasikan dengan tenaga kerja. Hal ini untuk memudahkan koordinasi, meingkatkan keterpaduan capaian sasaran dan tujuan pembangunan tenaga kerja dan perindustrian. Setelah terbitnya peraturan tersebut, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial menjadi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut yang berkantor di Jl. A.Syairani Komplek Perkantoran Gagas Permai sampai sekarang.