Manunggal Tuntung Pandang di Desa Sungai Bakar, Bajuin

Telah dilaksanakan Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang ke-94 yang kali ini bertempat di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin pada Jum’at, 9 Desember 2022. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut memiliki dua kegiatan yaitu Pelayanan Antar Kerja pada Bidang Pelatihan & Penempatan Tenaga Kerja dan Mobil Promosi Industri Kecil Menengah (IKM) pada Bidang Perindustrian.

Pada Pelayanan Antar Kerja Manunggal Tuntung Pandang kali ini dipandu oleh Relawan Pendamping Kewirausahaan yang tergabung dalam Tim Mitra Tala Preneur yakni Aditya Agung Laksono, Pelaku Usaha “Nudi Interior” dan Fahruz Zaini, Ketua ASEPHI Kabupaten Tanah Laut yang juga memiliki Usaha “Asian Street Food”. Dengan menghadirkan narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan Tanah Laut dalam materi Perlindungan Ketenagakerjaan dalam Sektor Informal. Adapun narasumber dari UPT BLK Pelaihari yang dipandu oleh Instruktur Sugiantoro dalam materi Pelatihan Berbasis Kompetensi. Turut serta narasumber dari BPR Tanah Laut dan BAZNAS Kabupaten Tanah Laut.
Turut Serta Bupati Tanah Laut HM Sukamta juga hadir pada kegiatan, memberi masukan dan pesan kepada masyarakat untuk mengikuti Mitra Tala Preneur ini dengan baik.

Kegiatan Mitra Tala Preneur ini dilaksanakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengembangkan lapangan pekerjaan yang tersedia khususnya pada bidang kewirausahaan.

Sedangkan pada Pelayanan Mobil Promosi IKM ini dipandu oleh Bidang Perindustrian yang melibatkan Petugas Promosi dari Dekranasda Tanah Laut dan Pusat Promosi IKM Tambang Ulang. Mobil Promosi IKM menjadi sarana efektif dalam memasarkan produk-produk IKM.

Adapun penjualan yang paling diminati yaitu produk-produk IKM dari Susu Kurma Muflih dan Kopiah Tuntung Pandang. Masyarakat Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin antusias membeli produk-produk IKM dengan tingkat penjualan yaitu Rp 1.810.000. Dengan adanya kegiatan ini membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk mencintai produk dalam negeriĀ #HimungUlahanTanahLaut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.