Menerima Kunjungan dari Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan

posted in: Bidang Perindustrian | 0

Disnakerind Tala menerima kunjungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan pada Kamis, 15 Februari 2024. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari Kopiah Tuntung Pandang (Kondang), yang merupakan produk khas dari Kabupaten Tanah Laut. Kedatangan disambut oleh Kepala Disnakerind didampingi Kepala Bidang Perindustrian dan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Muda.

Kepala Disnakerind Tala, Masturi, S.STP menceritakan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan tentang awal mula pembuatan Kopiah Kondang Tala. Dia menjelaskan bahwa untuk mengatasi penurunan pesanan kain sasirangan akibat pandemi COVID-19, mereka mulai memproduksi masker dari bahan sasirangan, yang akhirnya berhasil meningkatkan penjualan. Namun, masuknya masker buatan pabrik dengan harga murah mengganggu penjualan masker sasirangan. Diinspirasi oleh Bupati Tala, Kepala Disnakerind Tala mengembangkan ide membuat peci dari bahan kain sasirangan, yang kemudian disempurnakan menjadi Kopiah Tuntung Pandang (Kondang).

Adapun Kedatangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan bertujuan untuk mempelajari Kopiah Tuntung Pandang (Kondang) yang telah dijadikan hak kekayaan intelektual (HKI).

#DisnakerindKompetitif
#Disnakerind2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.