Pelatihan Disverifikasi Produk Olahan Hasil Laut di Desa Sungai Rasau, Bumi Makmur

posted in: Bidang Perindustrian | 0

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut menyelenggarakan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Laut yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 31 Maret 2022 di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur.

Pelatihan ini resmi dibuka oleh Sekretaris Camat Bumi Makmur, Bapak. Nasrullah yang di hadiri juga oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja & Perindustrian Kabupaten Tanah Laut dan Kepala Desa Sungai Rasau.

Pelatihan ini diikuti oleh IKM Pengolah Hasil Laut yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan dan meningkatkan produk olahan hasil laut menjadi berbagai jenis produk (diversifikasi produk). Selain itu, pelatihan ini merupakan hasil usulan Musrenbang Desa Sungai Rasau pada tahun 2021 dan direalisasikan pada tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Perindustrian, Bapak Masturi, S.STP menyampaikan agar setelah pelatihan ini peserta yang dilatih dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan kualitas berbagai jenis produk olahan hasil laut. Jika IKM memerlukan bantuan permodalan awal skala kecil, dapat mengakses program Baznas dan Program Gapura Karomah dengan bunga 0%. Selanjutnya setelah berkembang dapat mengakses program KUR dari Perbankan.

Saat ini kebijakan Penggunaan Produk Dalam Negeri sedang digalakkan oleh Pemerintah, maka hal tersebut menjadi peluang bagi pelaku IKM di Tanah Laut dari segi pemasaran. Belanja-belanja anggaran Pemerintah Pusat, Pemerintah  Daerah  bahkan sampai Pemerintah Desa agar menggunakan Produk Dalam Negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.