Pelatihan Mandiri Pewarnaan Alam Indigofera oleh Pengrajin Sasirangan Tanah Laut

posted in: Bidang Perindustrian | 0

Sebanyak 10 orang Pengrajin Sasirangan di Kabupaten Tanah Laut mengikuti pelatihan pewarnaan alam indigofera secara mandiri. Pelatihan yang digelar selama dua hari, 6 s.d 7 Januari 2024, bertempat di Pusat Promosi Tambang Ulang.

Pelatihan ini diinisiasi oleh para pengrajin sasirangan Tanah Laut sendiri. Narasumber pelatihan adalah pengrajin sasirangan yang telah mengikuti magang di Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik Yogyakarta pada bulan September 2023, antara lain Artha Deva Sasirangan Fanesya Rohayat dan Yazidan Sasirangan.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan tentang teknik pewarnaan indigofera secara modern. Teknik ini menggunakan alat dan bahan yang lebih modern, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan lebih efektif dari segi kualitas warna produk dibanding dengan teknik pewarna alam yang biasa mereka kerjakan selama ini.

Para peserta pelatihan mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya pelatihan ini. Mereka berharap, dengan menguasai teknik pewarnaan indigofera modern, produk sasirangan mereka akan lebih berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar. Pelatihan pewarnaan alam indigofera ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk sasirangan Tanah Laut. Dengan demikian, produk sasirangan Tanah Laut akan semakin diminati oleh pasar, baik pasar lokal maupun internasional.

#DisnakerindKompetitif
#Disnakerind2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.