Penutupan Pelatihan Teknis Produksi Pembuatan Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang di Desa Kintap Kecil

posted in: Bidang Perindustrian | 0

Telah dilaksanakan Penutupan Pelatihan Teknis Produksi Pembuatan Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang pada tanggal 12 Mei 2023 di Desa Kintap Kecil, Kecamatan Kintap.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 08 s.d 12 Mei 2023. Selama pelatihan didampingi oleh tim instruktur dari Almanah Sasirangan, Ibu Sulistianah dan Fanesya Sasirangan, Ibu Jamilah.

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kab. Tanah Laut, Masturi S.STP. Acara ini di hadiri oleh Kasi PMD Kec. Kintap, Ketua BPD Desa Kintap Kecil, Bank Kalsel Capem Asam-Asam, Asephi Tanah Laut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan kedepannya diharapkan setelah pelatihan mampu memproduksi sasirangan. Setelah berproduksi dan berkembang, baru mengajukan untuk mendapatkan pelatihan lanjutan. Pelatihan juga bisa dilakukan secara mandiri oleh masing-masing perajin tanpa harus menunggu dana dari APBD.

Untuk akses permodalan, ada KUR dari Bank Kalsel. Sedangkan untuk pemasaran diharapkan dari pemerintah desa mensupport dengan membeli produk sasirangan olahan pengrajin kintap kecil. Selanjutnya ada tempat penjualan dan promosi yaitu Dekranasda di Pelaihari dan Gedung Puspro di Tambang Ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.