Sosialisasi Manajemen Pengolahan Kerajinan Purun di Desa Liang Anggang

posted in: Bidang Perindustrian | 0

Selasa, 7 Maret 2022 Kadisnakerind Masturi, S.STP menjadi narasumber dalam kegiatan Manajemen Pengelolaan Purun yang di inisiasi oleh Kepala Desa Liang Anggang, Sukiman.

Desa Liang Anggang merupakan salah satu sentra anyaman purun dimana di desa ini terdapat kurang lebih 40 pengrajin purun yang aktif memproduksi tikar dan tas purun.

Dengan kekhasan tersebut, ada beberapa kendala yg dihadapi oleh pengrajin purun, diantaranya mengenai bahan baku, bahan penolong, sumberdaya manusia dan mengenai pemasaran produk.

Dari diskusi antara Disnakerind, pengrajin, pihak desa dan Direktur Bumdes, salah satu solusi yg didapat adalah kesepakatan untuk menjalin kerjasama antara kelompok purun dengan Bumdes, dimana nanti Bumdes akan membantu penyediaan bahan baku, bahan penolong serta memperluas pemasaran dan meningkatkan SDM dengan cara bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kab. Tanah Laut. selain itu, Bumdes akan membantu pemasaran melalui Aplikasi sosialita dan medsos serta kedepannya akan membangun Gallery khusus produk anyaman purun di Desa Liang Anggang. diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, Desa Liang. Anggang selain dapat meningkatkan perekonomian warganya juga dapat menjadi sentra IKM yang produktif dan berdaya saing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.